Powered By Blogger

Kamis, 13 Januari 2011

BIOGRAFI MAMA CIBITUNG KECAMATAN RONGGA KAB. BANDUNG BARAT

BIOGRAFI PENDIRI
PONDOK PESANTREN SUKAMANAH CIBITUNG
“Tulisan ini masih bersifat sementara. Kepada semua fihak mohon koreksi dan memberikan data yang lebih lengkap” (HA.Saeful Mu’min Cihampelas)

1. Nama lengkap : KH. MUHAMMAD ILYAS
2. Nama Panggilan : MAMA CIBITUNG
3. Tempat, Tgl. Lahir : Lembur Gede Cibitung, Th. 1836 M
4. Wafat, Maqbaroh : Th 1953 (usia 117 th), Sukamanah Cibitung,
5. Nasab Ayah : Mama KH. Ali Lembur Gede Cibitung bin
Embah Rahya Bogor Bin Hamdan Bogor berasal dari keturunan Dalem Sawidak Sukapura Singaparna Tasikmalaya
Nasab Ibu : Hj. Hadimah Cibitung bnt Embah Bale
Cibitung bin Embah Raden Adulloh berasal
Dari keturunan Dalem Sawidak Sukapura
Singaparna Tasikmalaya
6. Spesialisasi Ilmu :Tasawuf, Nahwu, Sharaf,Fiqh(nu diageungkeun Safinah, Jurumiyah, Saraf, talaran, narkib, tafsir jalalain)
7. Sanad Ilmu : Syekh Kholil Bangkalan Madura
8. Riwayat Pendidikan :
a. Mama KH. Ali ( Ayahanda Beliau)
b. Mama KH. Husen ( Mertua Beliau)
c. Mama KH. Yasin Sodong Cianjur
d. Mama KH. Shoheh Bunikasih Cianjur
e. Mama KH. Said Cipadang Gentur Cianjur
f. Mama KH. Epeng Sadang Bandung
g. Mama KH. Sholeh Benda Kerep Cirebon
h. Mama KH. Mansyur Cimanggu Ciawi Tasikmalaya
i. Mama Cimuncang Panjalu Ciamis
j. Mama KH. Shobari Cikalong Cianjur
k. Ketika di Makkah Mama Ijro’i ajengan panengah Pacet Cianjur, beliau adalah mantu dari putri kedua dari istri pertama
l. Mama KH. Yahya Banten ketika di Makkah;
m. Syekh Cholil Bangkalan Madura, setelah mukim.
n. Di perjalanan pulang dari Madura, belajar pada Mama KH Suja’i Gudang, Tasikmalaya

Sepulangnya dari Mekkah, beliau kembali belajar pada Mama KH. Yasin Sodong Cianjur, namun malah disuruh mengajar di Pesantrennya di Sodong Cianjur selama satu tahun, setelah itu disuruh mukim dan menikah tahun 1871 dengan Wastijah salah seorang putri Mama KH, Husen Pasir Gombong Cibitung. Semula beliau mukim bersama ayahandanya di Lembur Gede Cibitung. Tidak diketahui apa penyebabnya yang membuat hati beliau selalu gundah. Kemudian beliau membeli sebidang tanah dari uang hasil usaha sendiri dan setengahnya dari uang istri beliau. Sebidang tanah tersebut terletak di pinggir Sungai Cijambu, ditempat baru ini hati beliau menjadi tenang, itulah sebabnya tempat ini beliau beri nama Sukamanah.

KH. Sulaeman ayahanda KH. Fakhruddin Assalafiyah Batujajar pernah seperjalanan ke Mekkah dengan Mama Cibitung.

9. Riwayat Organisasi :

Atas nasihat guru beliau Mama KH. Mansyur Cimanggu Ciawi Tasikmalaya, bahwa organisasi itu baik, tapi untuk Mama Cibitung disarankan agar fokus terhadap pesantren.
10. Kiprah :
11. Peristiwa khusus dalam perjuangan

Berbeda dengan gurunya, seperti Mama KH. Mansyur Cimanggu Ciawi Tasikmalaya yang aktif dan sangat membenci Belanda. Suatu ketika Belanda akan mengunjungi Mama KH. Mansyur, tiba – tiba hujan deras disertai ledakan petir, akhirnya Belanda pulang lagi. Namun Mama Cibitung dalam menghadapi Belanda, dilakukan dengan cara – cara yang santun, sehingga diantara Belanda ada yang masuk Islam. Bahkan Belanda pernah memberikan bintang penghargaan, hanya saja bintang tersebut dirampas oleh Jepang

12. Amanat :
a. Beliau berprinsif tidak suka meminta bantuan kepada orang lain, bahkan kepada santrinyapun Mama tidak pernah menyuruh membantu bekerja, kecuali atas kerelaannya sendiri, Mama tidak menolaknya. Demikian pula amanat kepada para penerusnya. “ Ka pamarentah ulah menta, tapi lamun mere ulah ditolak, bisi jadi fitnah”. Kepada pemerintah jangan meminta, tapi kalau memberi jangan ditolak, agar tidak menjadi fitnah. Berkenaan dengan amanat ini. KH. Ali Irfan cucu beliau menuturkan, ketika membangun masjid tahun 1990, atas saran banyak fihak, akhirnya kami sepakat membuat proposal.diajukan kepada Bupati Bandung, tahun 1994 bantuan pemerintah turun. Namun anehnya sejak bantuan itu diterima, tidak lagi ada yang mau memberi sumbangan disertai macam-macam tuduhan dan fitnah , sejak itu pula pembangunan masjid terbengkalai. Baru tahun 2006 ini pembangunan mesjid sedikit – sedikit dapat kami lanjutkan. Kami menduga terhentinya pembangunan itu, karena kami melanggar amanat Mama. Sehingga kami dihukum selama 12 tahun
b. ‘ Mun daek cicing di dieu, kudu daek ngaji jeung diajian”. Kalau mau tinggal disini ( di pesantren peninggalan beliau ), syaratnya harus belajar atau mengajar..

13. Catatan berkait hal dan kejadian khusus
a. Lokasi pesantren Mama Cibitung, hampir setengahnya di kelilingi Sungai Cijambu. Suatu ketika terjadi banjir besar, air muali masuk areal pesantren, segera Mama Cibitung berjalan mengelilingi pesantren. Ternyata ajaib, gumpalan air yang hampir setinggi genting rumah itu hanya mendinding mengelilingi pesantren, tepat di bekas berjalan kami Mama. Padahal di luar itu banyak sawah dan kebun yang hanyut tertimpa banjir.
b. Kebiasaan Mama apabila menyelenggarakan kegiatan apa saja selalu menyediakan makan.. Pada suatu saat ternyata makanan tidak ada, padahal acara akan segera dimulai, tiba tiba ada iring-iringan bakul penuh dengan makanan, tapi yang membawanya tidak kelihatan.
c. Ketika Mama beserta santri sedang ziyarah di Ranga Madu *). Mama dan santrinya merasa lapar, tiba-tiba tumbuh pohon pepaya, berbuah dan masak seketika itu juga. Setelah dipetik buahnya, pohon pepaya itu hilang.
d. Keistimewaan Mama Cibitung yang dapat disaksikan sampai saat ini adalah pada saat haolan beliau, yang diselenggarakan setiap tanggal 15 – 22 Robiul Akhir. Haolan ini dihadiri oleh ratusan ribu kaum muslimin dari berbagai lapisan masyarakat yang berdatangan dari daerah – daerah, terutama Jawa Barat, Jakarta, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sumatra
e. Dalam hal memberantas kemunkaran, beliau melakukannya dengan cara-cara yang lemah lembut, seperti yang dituturkan putra beliau, KH. Abdul Halim, bahwa ketika menghadapi orang yang .membawa domba adu, beliau mengelus-elus domba itu, sambil berkata : “ Domba kagungan saha ieu teh meni kasep, komo lamun teu diadukeun mah pasti kasep pisan “. Seketika itu tukang mengadu domba, berhenti dari kebisaan mengadu dombanya, berubah menjadi orang yang ta’at beragama.
f. Keinginan untuk berguru kepada Syekh Kholil Madura, di perjalanan selama 3 tahun bari usaha bari masantren. Berpisah dengan ibu rama setelah 25 tahun. Sehingga beliau lupa bagaimana rupa dan nama ayah dan ibunya, bagaimana nama dan keadaan kampungnya, yang masih ingat hanyalah bahwa ayahnya mempuanyai pesantren. Demikian pula ternyata ibu dan ayahanda beliaupun sudah lupa bagaimana rupa anaknya. Maka ketika pulang dari Madura, beliau hanya mencari pesantren di tempat yang jalan dan keadaannya dikira-kirakan. Akhirnya menemukan sebuah pesantren, beliau memohon izin kepada Ajengannya untuk ikut mondok di pesantren tersebut. Ternyata ajengan tersebut tidak lain adalah ayahanda beliau.

26 komentar:

  1. parele pisan kang informasi na hatur nuhun pisan
    namung hapunten pengunaan hurup na EYD na aya kakirangan sakedik...

    hatur nuhun kang sae pisan informasi teh kanggo ngenal para ulama kapungkur

    adarif_da@yahoo.com

    BalasHapus
  2. Maaf. Semua informasi ini sumbernya dari mana ?? dan apa hubungan penulis dengan Alm. KH. Muh. Ilyas ??
    Hatur Nuhun
    budysd@yahoo.co.id

    BalasHapus
  3. salam. sae pisan pami ditulis lengkap dina hiji buku sejarah. sae oge pami dilengkapi sareng silisilah bani Ilyas. abdi putu ti Benjot Cianjur. hatur Nuhun. M. Syasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. KH. ijra'i mantu mama ilyas cibitung. pami te lepat putra KH. Ijro'i anu cikal nikah ka mama benjot cjr. kitu kang

      Hapus
  4. Hatur nuhun kana pangdedelna, oge kana koreksina ....... Jazakallah ahsanal jaza !

    BalasHapus
  5. MAMA CIBITUNG.... ULAMA KEBANGGA-AN JAWA BARAT...... DAHSYATTT

    BalasHapus
  6. tolong sertakan sumber dari siapa dapat sejarah ini?

    BalasHapus
  7. tolong perjelas silsilah nya saya cucu dari mh.ilyas/mama haji yasin sodong ci anjur

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah, saya jadi tau silsilah keturunan mama cibitung. Saya cicitna Abah Mansyur dari pesantren cimanggu sukamenak tasikmalaya, saya cucunya KH. Abdul Halim.

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah, saya jadi tau silsilah keturunan mama cibitung. Saya cicitna Abah Mansyur dari pesantren cimanggu sukamenak tasikmalaya, saya cucunya KH. Abdul Halim.

    BalasHapus
  10. alhamdulilah didiyeu seueur saderek ning,,,hayu atuh supados urang teh teu poekeun obor ,yu urang ngariung ,geuning seueur katurunan mama teh tapi pasti teu warawuh ,boa urang teh sok pependak,,

    BalasHapus
  11. punten pami gaduh silsilahna abdi nyuhunkeun,,,haturnuhun no 085861229700,,,iyeu contak abdi ,abdi ti pacet cipanas,generasi k 5

    BalasHapus
  12. Pami kersa mah tambihan deui langkung babar pisan kang sareng tambihan daftar nami nami muridna anu janten ulama, margi saurna karuhun abdi oge mama haji asy'ari citiis pagelaran kantos ngaos ka anjeuna. Hoyong uninga pisan..!!!

    BalasHapus
  13. Abi pernah ngadangu kana dongeng eta teht.Di guru ngaos abdi kapungkur te jauh bentensareng dongeng. Guru ngaos abdi anu kaluarang pasantren cicbitung.

    BalasHapus
  14. Salam wanoh. Abdi ti pakalongan cianjur

    BalasHapus
  15. Sae pisan sejarahna kang.abdi sanes sasahana mama ci bitung abdi ukur jalmi anu hoyong kaangken jalmi anu muhibbin ka anjena

    BalasHapus
  16. Sae pisan sejarahna kang.abdi sanes sasahana mama ci bitung abdi ukur jalmi anu hoyong kaangken jalmi anu muhibbin ka anjena

    BalasHapus
  17. Alhamdulilah kenging im.pormasi
    Anu jelas mudamudahan kenging barokah

    BalasHapus
  18. Alhamdulilah kang nembe terang ayena mamakh Ilyas cibitung teh
    Mugi sing kabarokahan

    BalasHapus
  19. pntn Riwayat pendidikannya beliau anu nmr ka 7 tolong diperbaharui lagi ABCD dll nya supaya te lieur macana kang.

    BalasHapus
  20. Punten eta poto saur sh poto ama cibitung ? Sepuh abdi putrana ama nyaurkeun sadayana putra nu 20 teu aya nugaduheun poto ama,komo eta ama nuju ngora keneh, riwayat yeuh sa alitnya : diantara putra/i nu 20 nu bandel nu sok nyolong2 moto Ama nyaeta seupuh abdi masih knh jmn poto hitam putih terus nalika di cuci/di cetak teu aya gideung we ari disamping na mah naon oge nu kapoto aya, tah eta teh sa x 2 x moto Ama teh banding ku hyg boga poto ama, bahkan menurut riwayat ama bd kamekah ge pasporna te nganggo poto da teu jadi wae di cetakna, nu akhirna tos lah tong nganggo poto saur petugasna. Abdi naros ka pun biang pa ari poto aki cibitung mirip sh diantara putra anu 20 teh (khusus pamegetna) saur sepuh bisi maneh hyg nyaho rupa aki cibitung tuh sagala rupana nyeples ka si bungsu (Aa.Ciratim) Kade ach upami bd mosting2 kedah nu akurat atau setidakna konfirmasi dululah. Tolong tarik atau hapus poto tsb abdi pusing banyak nu naroskeun kaabdi, mohon dgn sangat di hapus itu poto agar tdk jd salah persepsi.kitu lo Mu'min tah addi Asep Barnas (cucu no 119 dari 150 org) bin kh.Utang Muchtar saepudin Gadog Bogor.abdi di tugaskeun sie sensus Bani ilyas cibitung bdg.Hatur nuhun

    BalasHapus
  21. alhamdulillah muga gusti alloh ngaridhoan abdi tiasa jiarah ka mama

    BalasHapus